JURNAL MAIN 3 TAHAP KUPU-KUPU

 

JURNAL MAIN 3 TAHAP KUPU-KUPU

Sampailah kami di tahap ketiga di Hutan Kupu-Kupu Cekatan. Pekan ini kami diminta untuk menceritakan progress dalam menjalani program mentorship. Kami diminta untuk menuliskan sekecil apapun kemajuan dan mengapresiasinya. Yaa.. seperti yang selalu saya rasakan, apresiasi sangat berdampak besar bagi pergerakan seseorang.

So, apakah pekan ketiga mentorship berjalan sesuai deadline??
Hmm.. Sedikit terhambat di awal tapi so far ada perkembangan walau tidak signifikan. Saya sendiri masih bergulat dengan visi misi keluarga yang belum kelar-kelar 😁😁. Sedangkan mentee masih asyik mengulik homeeducator.

Cerita dengan Mentor

Pekan ini saya masih menggali apa itu visi misi keluarga dan cara merumuskannya. Ada banyak insight seputar visi misi keluarga, tapi saya mendapatkan satu benang merah yang paling mengena di hati.

Menurut Ust Cahyadi, visi keluarga adalah melangitkan harapan, arahnya dari manusia yang ditujukan kepada Allah. Sementara misi keluarga arahnya dari Allah kepada manusia, kita melakukan apa yang Allah inginkan dari kita.

Fungsi visi misi keluarga:
  • Menggambarkan jati diri keluarga.
  • Menggambarkan tujuan keluarga.
  • Menjadi panduan dalam berkeluarga.
Cara merumuskan visi misi keluarga:
  • Membuka ruang diskusi bersama pasangan. Mulai bicarakan pola asuh keluarga masing-masing, menelusuri potensi masing-masing, berdamai dengan luka masa lalu dan mulai pilah dan pilih mana pola asuh yang akan diadobsi dari masing-masing keluarga.
  • Memahami pembagian peran keluarga.
  • Menggali visi misi secara personal.
  • Tulis dan rangkum dalam sebuah kalimat.
Berikut progress dalam merumuskan visi-misi keluarga, insyaallah akan terus diperbaiki.

Cerita dengan Mentee

JURNAL MAIN 3 TAHAP KUPU-KUPU


Tidak terlalu banyak cerita yang bisa saya tulis disini. Perbedaan usia dan sudut pandang mengajarkan saya untuk lebih berlapang dada menerima orang lain seapa-adanya, menemukan keunikan mentee, terus mendampingi dan memotivasi, karena tidak seharusnya saya meletakkan ekspektasi disini.

Comments
0 Comments

0 comments