DAY (3) – GAME LEVEL 3 – MY FAMILY MY TEAM


MELATIH MOTORIK HALUS

Assalamuaaikum Moms

Mata saya terbelalak saat membaca salah satu pembahasan tentang kebutuhan dasar anak dalam buku berjudul 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak karya Dewi Iriani. Setelah membacanya saya pun merasa menjadi lebih berarti dan lebih percaya diri lagi dalam menjalani peran sebagai full time mom.

Apa itu?
Tentang STIMULASI. Penulis menyatakan bahwa stimulasi juga merupakan kebutuhan dasar bagi anak, terutama batita (bawah tiga tahun), selain kebutuhan sandang, pangan, papan.

Mengapa penting?
Karena kesempatan ini hanya datang satu kali saja dalam kehidupannya yakni yang disebut golden period. Golden period adalah masa keemasan atau yang sering disebut window  of opportunity yaitu masa pembelajaran dan pengkayaan. Masa yang sangat peka bagi otak anak untuk menerima berbagai rangsangan pertumbuhan dan perkembangan. Golden period terhitung 3 tahun pertama masa kehidupan seorang manusia.

Kemampuan dasar apa saja yang perlu dirangsang?
Para ahli tumbuh kembang menekankan 4 aspek kemampuan dasar anak yang perlu mendapat rangsangan yaitu: kemampuan gerak kasar (motorik kasar), kemampuan gerak halus (motorik halus), kemampuan berbicara dan berbahasa serta kemampuan bersosialisasi.

Kemarin bunda Fazza sudah membuat family projek dalam merangsang pertumbuhan area motorik kasar. Mom boleh mampir ke channel youtube mas suami Melatih Motorik Kasar Usia 2 Tahun atau bisa juga mampir ke postingan sebelumnya Day (2) - Game Level 3 - My Family My Team.

Nah, kali ini saatnya mengeksekusi family project kedua yakni melatih motorik halus si kecil.

Menurut Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) usia 2 tahun, hanya ada 2 poin yang perlu dirangsang, yakni meremas kertas menggunakan 5 jari dan melipat kertas / kain meski belum rapi.



Adapun tujuan dari kegiatan sederhana ini adalah untuk menguatkan jemari tangan, melatih koordinasi mata dan tangan serta yang paling penting ialah mengaktifkan sel-sel otak agar saling terhubung dan berfungsi dengan baik.

Monggo disimak video dokumentasi-nya ya. Jangan lupa like dan subscribenya 😚😚.


Refleksi
Biasanya yang sering terbesit di benak orang dewasa saat melatih motorik halus si kecil adalah “Ah, meremas kertas doang masak nggak bisa?”. Eits, tunggu dulu. Mungkin kegiatan meremas kertas dan melipat sangat sepele jika dilakukan  orang dewasa. Tetapi bagi batita?

Boleh disimak kembali video di atas. Meremas kertas menggunakan satu tangan atau lima jari bagi batita itu sangat sulit pemirsa. Berulang kali Fazza menggunakan kedua tangannya meski sudah diminta menyimpan tangan kirinya 😒😒 #salahnya anak kecil kok lucu ya 😂😂.

Apalagi melipat, dalam dua kali percobaan sudah tidak mau lagi menyentuhnya. "Ah, uusyah (red. susah)" katanya.

Over all, terimakasih nak sudah mau belajar bersama ayah dan bunda. Masih ada banyak waktu untuk terus belajar.
Semangat ✊✊.

#hari3
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institutibuprofesional