DAY (9) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Sore tadi saya mengajak Fazza belajar mengenal konsep BERAT - RINGAN, sebelum nantinya di sekolah akan bertemu dengan materi konversi: kg, hg, dag, gr, dg, cg, mg. Adaaww... Dulu ketemu materi ini rasanya seperti ketemu musuh #ihatemath banget deh pokoknya. Semoga nanti Fazza bisa bersahabat dengan matematika ya nak 😞😞

Berikut catatan kegiatan tadi ya temans 👇👇

===

Tema Kegiatan: Mengenal Konsep Berat - Ringan
Lokasi: Pojok belajar (indoor)
Tujuan Kegiatan: Mampu membandingkan benda berat-ringan serta dapat mengaplikasiskannya dalam kehidupan sehari-hari 
Media: 2 Wadah sama besar dan pemberat

Eksplorasi
1. Tahap Pengenalan
Pertama, saya menyiapkan dua wadah. Satu berisi gulungan kertas dan satu lagi berisi benda pemberat. Saya pakai yang ada saja: 2 buah sabun batang dan sabun cuci 😃😃
DAY (9) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Lalu, saya mengenalkan satu persatu dimulai dari wadah yang berat terlebih dahulu (wadah ringan disimpan). Setelah Fazza paham, baru saya kenalkan dengan wadah yang ringan (wadah berat disimpan).
Pastikan sudah tuntas baru siap memasuki tahapan selanjutnya.

2. Tahap Membandingkan
Dua wadah disejajarkan, kemudian meminta Fazza mengangkat mana wadah yang berat dan mana wadah yang ringan.

3. Tahap Acak
Saya mengacak kedua wadah, kemudian meminta Fazza membandingkan kembali.
Alhamdulillah, sampai di tahap ini dia masih bisa menebak dengan baik.

4. Menutup Mata
Terakhir saya mengajak Fazza menutup matanya menggunakan kain. Tetapi dia bilang: "Nggak susah" Heehee.. Entah itu artinya nggak mau karena susah, atau takut, atau nggak usah. Pada intinya dia sudah tidak mau melanjutkan.
Baik lah nak, tujuan belajar sudah tercapai saja buat bunda sudah lebih dari CUKUP  😘😘

Dokumentasi
Video kegiatan bisa dilihat di feed instagram ya. Klik link aktif DISINI

Asosiasi
Selepas kegiatan ini, saya ajak Fazza membandingkan apa saja, misalnya botol minum yang penuh berisi air itu berat. Sedangkan botol minum yang berisi sedikit air itu ringan. Fazza jika keberatan saat akan minum, bisa mengambil botol air yang isinya lebih sedikit.

Juga pada saat bermain pretend play belanja-belanjaan. Fazza terlalu banyak memasukkan barang ke dalam tasnya sehingga keberatan. Saya bilang: "Kurangi ya supaya lebih ringan." Dia pun mau menguranginya 😍😍


Comments
0 Comments

0 comments