DAY (5) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

DAY (5) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI
Sumber: Pixabay

BELAJAR BERTRANSAKSI

Weekend ini kami mengajak Fazza silaturahmi ke rumah Bu Dhe-nya di Bogor. Sesampai di sana, Bu Dhe kebetulan sedang kehabisan minuman dingin. Bu Dhe meminta tolong anaknya yang seusia SD membeli minuman dingin ke warung.

Keponakan saya itu kemudian mengajak serta Fazza jajan. "Ayuk, Fazza mau ikut jajan nggak?". Fazza terlihat bingung. Dia masih asing dengan kata "jajan". Selama ini kami memang membiasakan dengan kata "beli". Entah kenapa rasanya kata jajan ini kok konotasinya agak negatif buat saya.

"Fazza mau ikut kakak beli?" Saya membantu dengan kalimat yang sering kami pakai. "Ya" jawab Fazza. Saya lalu mengeluarkan uang lima ribu rupiah dari saku.

Saya bilang ke Fazza kalau uang itu bisa dipakai untuk membeli susu kotak dan wafer. Fazza lalu bersiap dan memakai kembali sepatunya. Daaan.. apa yang terjadi? uang itu ditinggalkan begitu saja. Haduhh...

"Fazza ini uangnya, Fazza bisa beli kalau bawa uang ini. Nanti berikan ke penjualnya yaa.." kata saya memberi penjelasan. Fazza mengangguk. Saya sengaja tidak mendampingi. Penasaran bagaimana kira-kira Fazza belajar bertransaksi.

Sesampai di rumah kakak sepupunya cerita kalau tadi Fazza nggak mau ngasih uangnya. Haaa... baiklah kita belajar lagi ya nak..



Comments
0 Comments

0 comments