DAY (11) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

DAY (11) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI
Sumber: Pixabay

MENGGUNAKAN ENERGI SECUKUPNYA

Fazza akhir-akhir ini sedang suka sekali main air. Ada saja alasan untuk cuci tangan dan kaki. Sengaja main tanah, melepas sendal supaya dapat anjuran dari emaknya, "Fazza cuci tangan". Hmm, kalau sudah begini senangnya bukan main.

Masalahnya, anak ini suka memakai berlebihan alias sambil main-main. Saya lihat dia membuka keran juga selalu besar. Bajunya sampai basah kena guyuran.

Padahal kalau ingat musim kemarau kemarin, aduhai rasanya. Aliran air keciil sekali. Air sisa sampai  dikumpulkan dan dipakai ulang untuk ngosek kamar mandi dan dapur. Akhirnya pompa pun harus diganti akibat bekerja terlalu ekstra. Mau tidak mau kami harus mengeluarkan dana lebih untuk mengganti dengan yang baru. Belum lagi biaya listrik yang bertambah karena lama sekali mengisi air.

Nah, dari sini saya selalu mengingatkan Fazza untuk bijak dalam menggunakan air. Membuka keran cukup kecil saja. Memakai pun seperlunya saja. Menutup rapat keran setelah dipakai.

Begitupun dengan sumber energi lainnya seperti lampu, TV, kipas angin, dsb. Fazza masih sering protes karena merasa dibatasi, tapi seiring berjalannya waktu pasti akan paham.


Comments
0 Comments

0 comments