DAY (13) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

Sumber: Screenshoot Video

MENONTON VIDEO NUSSA, "BERHUTANG ATAU TIDAK"

Hari ini kegiatan kami terasa lebih hoahh dari biasanya. Bunda pun tak sempat menyiapkan media pembelajaran yang terkait dengan tema.

Tapi tenang, beruntung sekali hidup di zaman ini. Banyak video edukatif yang cukup bagus. Salah satunya dari The Little Giant "Nussa dan Rara" kecintaan kita semua.

Bunda tadi sempat nguprek lalu ketemulah konten yang sesuai dengan tema dengan berjudul "Berhutang atau Tidak?"

Jadilah sore tadi saya mengajak Fazza membedah video ini. Waw, video itu keren sekali. Cerita yang diangkat sangat sederhana. Ada satu bagian dimana Rara dan Nussa sedang makan es krim dan coklat lalu pada akhirnya menyesal karena harus menggantinya dengan uang sendiri.

Sumber: Screenshoot Video

Hii.. relatable dengan Fazza yang suka minta jajan es krim padahal dari rumah sudah sepakat hanya akan membeli sesuai keperluan. Kalau mau beli es krim kalau ada uang sisa.

Pada video ini juga tersirat pesan yang teramat mendalam, bahwa Islam mengajarkan kita hidup sederhana. Sebisa mungkin kita menghindari diri dari berhutang. Bukankah setiap hari kita telah membaca doa agar terbebas dari hutang?

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."

Sumber: Screenshoot Video

Masyaallah...
Kita sama-sama belajar menjadi pribadi yang bijaksana ya nak..


Comments
0 Comments

0 comments