DAY (11) - Game Level 2 - Melatih Kemandirian

MENYAPIH DENGAN CINTA



Memasuki bulan Ramadhan ini, insyaallah saya akan melatih kemandirian Fazza untuk tidak lagi bergantung pada ASI.
😱😱
Yapps… Menyapih. Waktu berjalan begitu cepatnya. Tak terasa Fazza sudah memasuki usia 23 bulan. Tiba lah saatnya mengajarkan tauhid pertama kali kepadanya bahwa tidak ada tempat bergantung kecuali hanya kepada Allah SWT.


Metode Penyapihan

Menurut Wida Azzahida dalam bukunya “Menyusui dan Menyapih dalam Islam”, sedikitnya ada dua metode penyapihan yakni Baby Lead Weaning dan Mother Lead Weaning.

Baby Lead Weaning disebut juga penyapihan alami. Tidak ada pemaksaan dari anak. Semua berjalan sesuai tahapan anak. Orang tua berupaya memaksimalkan komunikasi yang sesuai daya pikir anak, sehingga anak siap untuk disapih.

Berbeda dengan Baby Lead Weaning, Mother Lead Weaning ini orang tua sendiri lah yang menentukan waktu penyapihan untuk anak.

Menyapih dalam Al-Qur’an

Sebelum memutuskan untuk memilih dua di antara metode di atas, saya merasa perlu menelusuri terlebih dahulu bagaimana Al-Qur’an berbicara mengenai penyapihan ini.

Dalam QS. Al-Baqarah: 233, Allah SWT berfirman:
“Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut.”

Pada potongan ayat di atas, rupanya Allah SWT menginginkan kita orang tua untuk  mendahulukan persetujuan dan permusyawaratan pada saat penyapihan.

Apa rahasianya?
Al-Qur’an ingin memberikan hikmah bahwa jika orang tua menyapih didahului oleh musyawarah, maka akan terbangun sebuah kondisi rela sama rela. Jika ini terjadi, maka sikap positif pada anak juga akan terbangun. Anak tidak akan merasa dirampas kasih sayangnya.


Setelah mempelajari dan melakukan pertimbangan, akhirnya saya bersama suami memutuskan untuk menyapih dengan cinta atau yang lebih dikenal dengan WWL (Weaning With Love).

___ bersambung ___

#hari11
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatih kemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional