DAY (12) - Game Level 2 - Melatih Kemandirian

SOUNDING



Segala sesuatu pasti ada awal dan ada akhir. Begitu pula dengan penyusuan anak. Proses pemberhentian anak dari penyusuan ini lah yang diistilahkan dengan penyapihan.

Proses penyapihan ini bisa disebabkan karena usaha dari sang ibu untuk melakukan pemberhentian, bisa pula karena kondisi sang anak yang memang sudah tidak mau menyusu.

Nah, pada postingan sebelumnya, saya bersama suami telah memutuskan untuk menerapkan penyapihan dengan cinta atau yang akrab disebut dengan Weaning With Love (WWL).

Dalam WWL, proses penyapihan dilakukan dengan cara perlahan. Hal pertama yang bisa dilakukan ialah memberi bisikan atau sounding saat anak menjelang tidur. Saat anak dalam kondisi sadar menuju tidak sadar ini lah konon informasi bisa diserap dengan ciamik.

Saya pun sebenarnya telah memulainya sejak Fazza berumur 18 bulan. Saat ia mulai tertidur (biasanya ditandai dengan hisapan ASI yang mulai melemah), saat itu lah saya bisikkan kata-kata positif.

“Nak, nanti kalau sudah 2 tahun Fazza berhenti nenen ya. Fazza kan sudah besar. Fazza sudah bisa makan apa saja. Bunda sayang Fazza.”

Entah mengapa kata-kata itu yang selalu muncul. Terkadang kalau sudah mengantuk sekali saya minta bantuan suami untuk menggantikan.


Semakin mendekati usia 2 tahun, saya semakin kencang dalam melakukan sounding. Saya hampir tidak peduli dalam kondisi sadar atau pun dalam alam bawah sadar.

Bunda: “Nak, bunda boleh lihat gigi Fazza?”
Fazza: “Ini, Hiiii… (meringis)”
Bunda: “Wah, gigi Fazza sudah banyak. Fazza besok berhenti nenen ya, karena Fazza sudah bisa makan dan minum apa saja. Bisa minum susu ... “
Fazza: “Susu?” (menimpali)
Bunda: “Iya, Bisa mamam biskuit”
Fazza: “Biskuit?”
Bunda: “Iya, terus mamam apalagi ya?”
Fazza: “Osis, boweh?”
Bunda: “Haaa… Sosis boleh lah”

Alhamdulillah, kelancaran dalam berkomunikasi seperti ini sangat menguntungkan saya. Hari ini ada peningkatan dibanding kemarin, beberapa kali minta menyusu, mulai bisa dialihkan dengan makanan dan minuman.

Masyaallah, semoga semakin mandiri ya nak. Segala sesuatu pasti ada awal dan ada akhir. Ini lah pelajaran pertama bagimu tentang batasan, sebelum mengenal batasan-batasan lain saat mulai beranjak besar.

___ bersambung ___

#hari12
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatih kemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional