DAY (5) – GAME LEVEL 3 – MY FAMILY MY TEAM


Melatih Bahasa

Assalamu’alaikum Moms
Hari ini agenda kami melatih kecerdasan IQ Fazza di area bahasa. 


Mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) di area bahasa, dalam satu bulan ke depan ini kami akan fokus pada 2 indikator, yakni:
  1. Menggunakan 3-4 kata untuk memenuhi kebutuhannya
  2. Hafal beberapa lagu sederhana.

Saya kira melatih Fazza untuk mencapai indikator di atas tidak lah sulit. Jika dibandingkan dengan kecerdasan lain seperti motorik kasar, motorik halus dan kognitif, saya lihat Fazza paling menonjol di area bahasa.

Dia sudah mampu menyusun kalimat sederhana yang terdiri dari 4 kalimat seperti “Bunda, Fazza minta tolong”.

Pun demikian pada keterampilan bernyanyi. Dia sudah hafal beberapa lagu sederhana, seperti Topi Saya Bundar, Aku Punya Anjing Kecil, Vegetables Song, dan Cicak-cicak di Dinding.

Berikut beberapa lagu yang sempat terdokumentasi. Terimakasih untuk like dan subcribe-nya.

Moms tentu sudah tau ya tentang banyak nya manfaat dari bernyanyi, salah satunya memperkaya kosakata anak. Rangkaian kata sederhana dalam lagu sangat mudah diserap oleh anak. Semakin banyak lagu yang diajarkan, semakin banyak pula kosakata yang diserap.

Pernah suatu ketika Fazza menyapa anak-anak yang bermain di sekitar masjid dengan kalimat “Halo kakak tua”, haaa. Meski tidak tepat tetapi ini membuktikan bahwa rangkaian kata dalam lagu sangat mudah diingat.

Nah bagaimana cara mengajarkan anak agar terampil bernyanyi? Mungkin beberapa tips dari www.paud.blogspot.com ini boleh dicoba.
  1. Menirukan model (fasilitator, audio atau video)
  2. Bernyanyi bersahutan
  3. Memanfaatkan alat musik
  4. Memilih lagu yang polanya sederhana

#hari5
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institutibuprofesional