Day (8) - Game Level 3 - My Family My Team

Perilaku Prososial


Assalamualaikum Moms...

Ada banyak cerita yang bisa dibagi hari ini saat kami traveling ke tiga pantai (Indrayanti, Sadranan dan Baron) di Gunung Kidul, Jogjakarta.

Tetapi tentu saja yang akan saya ceritakan di sini hanya yang berkaitan dengan family project meningkatkan kecerdasan emosional si kecil.

...

Tepat pukul 06.00 WIB tadi kami berangkat dari kampung kami di Magelang menuju Gunung Kidul, Jogjakarta. Kami melakukan traveling ini tidak sendirian melainkan family gathering bersama warga RT 03.

So pasti suasana sangat riuh dengan banyaknya anak kecil yang ikut serta. Yapps, kesempatan besar sambil berenang minum air merangsang 2 indikator perilaku prososial, yakni:
1. Bermain secara kooperatif dalam kelompok.
2. Tersenyum, menanggapi bicara.


...

Saya ajak Fazza bermain bersama teman-temannya di sebuah gazebo besar. Saat di pantai, sama bunda dan ayah saja untuk memastikan keamanannya.

Kami sounding lah ia, "Nak, bermain aman ya. Baik ya sama teman". "Ya" jawabnya pasti.

Saya pantau dari kejauan mereka bermain kejar-kejaran dengan aman. Berulangkali terdengar gelak tawa dan terlihat senyum lebar di antara mereka.

Done, indikator pertama cukup berhasil 👌

...

Kami sedang berjalan menuju tempat pemandian untuk membersihkan diri. Tiba-tiba Fazza mengikuti anak kecil. Dia bilang "Hawo adek.. yuk aim sama Azza".
Wkwkw... Kami tertawa melihat tingkahnya mengajak main anak kecil. Alhamdulillah dia tidak hanya bisa menanggapi saat bicara dengan orang lain tetapi mulai berani mengajak orang lain bicara 😍😍.

#hari8
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institutibuprofesional