DAY (1) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Selamat datang di Game Level 6 Kuliah Bunsay IIP 😍😍

Setelah berhasil melewati materi di game level 5 kemarin tentang menstimulasi anak membaca, kini kami ditantang kembali untuk menstimulasi kecerdasan matematis logis. Wah. kedua kecerdasan ini memang sama pentingnya ya temans.

Pada kemampuan matematika, anak bisa menganalisa atau menjabarkan alasan logis serta memberi solusi dari sebuah persoalan. Sedangkan kecerdasan linguistik diperlukan untuk menjabarkan dalam bentuk bahasa.

Pasti semua orang tua mengidamkan anak yang cakap dalam matematika dan bahasa, terlebih  dua keterampilan tersebut menjadi pintu terbukanya kecerdasan lain.

Menstimulasi kecerdasan matematis logis sejak dini bukan berarti memaksa anak mengerjakan sederet tugas, tetapi lebih kepada mengenalkan bahwa matematika itu nyata di sekitar kita. Kemasannya pun tentu melalui permainan.

Nah, untuk menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, kita bisa merujuk pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA).

Berikut kompetensi matematis logis untuk usia 2 tahun:
🔺 Mengenal tiga macam bentuk ● ▲ ■
🔺 Memahami konsep ukuran (besar-kecil, panjang-pendek)
🔺 Mulai mengenal pola
🔺 Memahami simbol angka dan maknanya

Empat poin di atas lah yang akan kami jadikan sebagai acuan untuk menstimulasi Fazza pada  ranah kecerdasan matematis logis. Saya juga berencana akan mengkombinasikan dengan metode belajar ala montessori, mengingat metode ini sangat efektif untuk usia batita.

Berikut jurnal kegiatan di hari pertama.

===

Tema kegiatan  : Mengenal Geometri (Lingkaran, Kotak dan Segitiga)
Lokasi                : Pojok Bermain (indoor)
Tujuan               : Mengenal geometri dan mengasosiasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Media Belajar   : Poster geometri, kardus berbentuk geometri dan kacang hijau

Apersepsi
Dalam rangka mengenalkan geometri, pertama saya menempel tiga macam bentuk yakni lingkaran, kotak dan segitiga di atas rak belajarnya. Harapan saya, dia bisa dengan mudah menyerap informasi ini karena setiap saat terlihat.
DAY (1) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Eksplorasi
Merasa belum puas hanya dengan visual, saya membuat mainan DIY ala-ala terbuat dari kardus bekas. Kardus bekas, saya potong-potong menjadi bentuk lingkaran, segitiga dan kotak. Lalu saya beri double tip penuh. Fazza saya minta melepas double tip tadi. Dengan begini, Fazza bisa merasakan secara langsung sisi dari masing-masing bentuk.


Geometri yang sudah siap dengan lem tadi kami isi dengan kacang hijau. Fazza turn-in sekali dengan aktivitas ini meski memakan waktu cukup lama.



Konfirmasi
Sore hari saya mengkonfirmasi dengan cara menyebutkan nama bentuk, sementara Fazza saya minta menginjak bentuk yang saya sebutkan. Alhamdulillah, Fazza sudah paham nama dan bentuk dari lingkaran, kotak dan segitiga. Hanya dia masih kesulitan menyebutkan kata segitiga. Dia bilang SISI TIGA 😃😃.



Comments
0 Comments

0 comments