DAY (14) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

DAY (14) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Ada satu materi yang sudah saya susun di lesson plan di awal tetapi sampai sekarang belum terlaksana juga. Apa itu? Bilangan. Rasanya masih maju mundur ingin mengenalkan Fazza tentang bilangan. Ada rasa khawatir dia belum siap menerima materi ini.

Tentang kesiapan ini, saya pertimbangkan matang-matang mengingat materi yang sulit membuat dia tidak tertarik. Kalau hanya itu masalahnya, masih oke lah ya. Tapi kalau sampai dia berpikir dia "tidak bisa", nah ini jadi masalah besar. Saya nggak mau dong Fazza kehilangan kepercayaan dirinya. Bisa bahaya.

Untuk mengobati rasa penasaran saya, saya mengajak dia belajar bilangan dari hal yang paling sederhana yakni menguatkan konsep BANYAK - SEDIKIT.

Pertama, saya coba dengan benda konkrit menggunakan dua wadah. Satu wadah penuh, satu lagi sedikit. Selanjutnya saya beri instruksi.
"Tuang yang banyak."
"Tuang yang sedikit."
Eitttsss, di percobaan pertama belum benar.

Percobaan kedua dan ketiga alhamdulillah tepat.

Kedua, sore hari saya coba lagi dengan media gambar. Kira-kira gambarnya seperti ini.
DAY (14) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Saya meminta Fazza menunjuk sesuai instruksi. Alhamdulillah dia mulai memahami materi ini meski beberapa kali masih belum tepat.

Dokumentasi selengkapnya, ada di feed instagram berikut ya.
Klik link aktif DISINI

Dua minggu mendampingi Fazza fokus di area matematika membuat saya menyadari bahwa menumbuhkan anak suka matematika itu membutuhkan proses panjang. Kalau tiba-tiba diajak menghitung seperti zaman bunda dulu, 100% anak akan benci matematika. 


Comments
0 Comments

0 comments