DAY (15) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Melanjutkan konsep banyak-seedikit kemarin, hari ini saya mengajak Fazza mengenal konsep BILANGAN

Konsep bilangan yang saya maksud disini bukan sekedar membilang, yakni menyebutkan bilangan: 1, 2, 3, 4, dst... tetapi memahami bahwa bilangan 2 (satu) itu lebih besar dari 1 (satu).

Begini penjelasan lanjutan Rudi Cahyono dalam bukunya Daily Parenting:
Fazza saat berusia 17 bulan sudah bisa mengatakan 1 (satu), 2 (dua), 3 (tiga) dan seterusnya sampai dengan 10 (sepuluh). Nah, apakah Fazza sudah bisa berhitung?

Sebagian dari kita beranggapan saat menyaksikan anak dengan kemampuan seperti Fazza itu, lalu mengira anak tersebut bisa berhitung. Mereka membayangkan kemampuan tersebut seperti tangga yang berjenjang.

Padahal belum tentu demikian. yang terjadi pada Fazza, ia belum memahami makna dari angka yang diucapkan sebagai urutan yang mengandung nilai yang berbeda. Kalaupun ia bisa melanjutkan angka berikutnya saat saya tanya, itu bukan karena ia tahu angka berikutnya. Ia hanya karena ingat urutannya saja. Alias hanya asal mengucapkan begitu saja. Jika digambarkan jadinya akan seperti garis lurus.

Nah, untuk menstimulasi Fazza manuju konsep bilangan saya kenalkan dengan menggunakan lego-lego yang saya susun mirip dengan aparatus number rod-nya Montessori. Wwkwkkw... number rod KW super ceritanya.
DAY (15) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Saya juga baru masuk kepada tahapan presentasi dari bilangan 1 sampai 3. 
"Fazza, ini satu. Fazza boleh pegang legonya."
"Fazza, ini dua. Satu. Dua. Fazza boleh pegang."
"Fazza, kalau ini tiga. Satu. Dua. Tiga. Ayo pegang"

Latihannya kami skip besok karena hari ini full kegiatan. Nantikan yaa 😘😘

Comments
0 Comments

0 comments