GAME PEKAN 1 BULAN 2 KAMPUNG BAKAT: RESUME MATERI POLA TUNIK

GAME PEKAN 1 BULAN 2 KAMPUNG BAKAT: RESUME MATERI POLA TUNIK
Sumber: forgetmenotpattern.com



Wah senang sekali rasanya bisa belajar kembali cara membuat pola busana. Kontruksi pola merupakan bagian terpenting ketika akan membuat suatu busana. Membuat busana yang enak dipakai memerlukan cara dan teknik membuatnya dengan tepat.

Semakin saya belajar, semakin saya memahami bahwa setiap penjahit, masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang kemungkinan berbeda antara satu dengan lainnya. Saya sendiri pernah belajar menjahit dari dua guru.

Guru menjahit pertama saya adalah Bu Bekti, Masyaallah saya jadi rindu sekali.. Beliau ini mengajarkan saya cara membuat pola busana yang super simpel. Bahkan jarang sekali repot-repot membuat pola di buku kostum. Langsung di kain gitu gaess.. 😂😂. Bar bar sekali nggak sihh.. Tapi kalian perlu tau, baju buatan beliau itu tetap nyaman saja dipakai.

Berbeda dari yang pertama, saya lalu belajar di Modiste Busana Jaya Jogjakarta. Beliau adalah Ibu Rini. Beliau ini sudah sangat senior dan sudah sepuh. Dulu Bu Rini ini satu angkatan juga dengan pemilik kursus Elisabet yang sangat terkenal di Jogja. 

Dari beliau, saya belajar teknik menjahit profesional. Musti bikin desain dulu, kemudian membuat pola di buku kostum, ukuran harus detail dan nggak akan diampuni jika ukuran 0 koma sekian kalian bulatkan 😄😄. Kendalanya, jujur seteklah menjadi emak-emak, saya sudah tidak mampu menggunakan cara ini. Cukup memakan waktu dan tenaga.

Memang nyatanya teori pembuatan pola ini ada berbagai macam. Diantaranya, ada sistem J.H Meyneke, sistem So-En dan sistem Dressmaking. Masing-masing teori ini dari pun memiliki perbedaan meski tidak signifikan.

Nah.. di Kampung Bakat ini, cara Mbak Tiut mengajari kami membuat pola hampir sama caranya dengan guru saya Bu Bekti. Caranya cukup mudah dan memungkinkan untuk diikuti oleh pemula meski dilakukan secara online.

Apa saja sih yang kita butuhkan saat akan membuat pola?
Pertama, kita harus menentukan ukuran baju. Bisa dengan cara:
  • Mengukur badan
  • Menggunakan ukuran standar (seperti ukuran S, M. L)
  • Menggunakan teknik drapping (mengukur boneka jahit yang mendekati model)
Kedua, menyiapkan peralatan membuat pola, yakni sebagai berikut:
  • Buku kostum
  • Skala
  • Pensil
  • Penghapus
  • Penggaris pola
  • Gunting kertas
  • Kertas sampul
  • Lem kertas
Bagaimana cara membuat pola?

Berikut tutorial pembuatan pola tunik/gamis yang disampaikan oleh Ayunda Tiut.

GAME PEKAN 1 BULAN 2 KAMPUNG BAKAT: RESUME MATERI POLA TUNIK
Sumber: Modul Menjahit KaBa


GAME PEKAN 1 BULAN 2 KAMPUNG BAKAT: RESUME MATERI POLA TUNIK
Sumber: Modul Menjahit KaBa
Comments
0 Comments

0 comments