GAME PEKAN 3 BULAN 1 KAMPUNG BAKAT: THE SECRET OF PEARL: PARASIT VS HABIT

GAME PEKAN 3 BULAN 1 KAMPUNG BAKAT: THE SECRET OF PEARL: PARASIT VS HABIT
Sumber: pngo.com

Senang sekali mendapat sajian sedap dari Mbak Sara ini. Bisa pas sekali dengan kebutuhan diri yang sedang membangun kembali kebiasaan baik.


Sebenarnya, di awal tahun baru kemarin saya sudah merancang “Resolusi Tahun 2021”. Setiap orang sepertinya juga melakukan hal yang sama ya 😃😃. Nah, kendala yang saya hadapi selalu pada konsistensi. Orang bilang anget-anget tai ayam. Semangat di awal, mlempem di akhir.


Maka dari itu, saya penasaran sekali ingin mencoba arahan yang diberikan Mbak Sara ini. Let's get started!


  1. Lihat kembali kuadran AKU SUKA AKU BISA dan AKU TIDAK SUKA AKU BISA.

Okey, saya akan tampilkan kembali disini 2 kuadran di game pekan lalu.

aku suka
aku bisa

- home education, based on STPPA
- urban farming, metode konvensional dan tabulampot
- sewing and crafting
- tahsin, metode ummi
- home organizing, clutter free home and minimalist
- journalling
aku tidak suka
aku bisa

- memasak
- menyetrika
- deep cleaning
- diy mainan anak

  1. Tanyakan pada 1 orang terdekatmu (suami, keluarga, sahabat) yang menurut mereka keterampilan apa di 2 kuadran tersebut yang paling JAGO atau PALING MENGUASAI. (Pilih 3 skill teratas).


Dari ke-7 skill yang saya miliki di atas, menurut suami 3 skill teratas yang saya miliki yaitu:

  • Home Education

  • Sewing and Crafting

  • Urban Farming


  1. Setelah mendapatkan jawaban dari orang terdekatmu. Pilih 1 skill yang kamu merasa paling PEDE dan merasa MENGUASAI DENGAN BAIK.

Kalau diminta pilih satu yang paling menguasai dengan baik, saya pilih Home Education.


  1. Dengan 1 skill yang menurutmu paling kamu kuasai tersebut, apa CITA-CITA yang kamu harapkan akan terwujud dalam 1 tahun ke depan.

Satu tahun ke depan, saya ingin membuat Buku Portofolio Anak dari Usia 0-4 Tahun.


  1. Untuk mewujudkan cita-cita pada poin 4 tersebut. Tentukan 1 kebiasaan baik dan 1 kebiasaan buruk yang ingin kamu hilangkan.

  • Satu kebiasaan baik yang ingin saya lakukan setiap hari yaitu menjalankan program structured play bersama anak, minimal satu kegiatan setiap harinya.

  • Sedangkan kebiasaan buruk yang perlu saya “buang” yaitu berlama-lama menggunakan smartphone.


  1. Buatlah sebuah strategi, bagaimana menghasilkan kebiasaan baik tersebut dan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan menggunakan 4 Hukum untuk Menghasilkan Kebiasaan Baik (Habit Loop).


# Membangun Kebiasaan Baik: Menjalankan Program Structured Play

1. Buat petunjuknya menjadi jelas

  • Menyusun Program Tahunan

  • Menyusun Tema Belajar Bulanan

  • Menyusun Weekly Plan


2. Buatlah kebiasaan baru menjadi menarik

  • Saya akan lebih rajin belanja ide dari website dan IG orang Turki yang menarik tetapi sangat mudah dilakukan.


3. Buatlah kebiasaan baru menjadi mudah

  • Saya akan memastikan pekerjaan rumah telah beres di malam hari.

  • Saya hanya akan menggunakan smartphone pada waktu yang telah saya tentukan.

  • Saya akan mematikan semua notifikasi di smartphone.

  • Saya akan memastikan food preparation, meal plan dan belanja mingguan telah terlaksana TANPA MENUNDA.


4. Buatlah kebiasaan baru tesebut memuaskan.

  • Saya akan memberikan reward dengan menonton music performance di youtube apabila telah berhasil mengajak anak bermain dan belajar.


# Mengubah Kebiasaan Buruk Berlama-lama dengan Smartphone

Saya pernah membaca postingan Abah Ihsan, beliau tidak menginstal sosial media di hpnya. Jika ingin sharing di medsos, beliau harus susah-susah buka laptop dulu. Beliau membuatnya sangat tidak mudah. Tujuannya tentu saja supaya tidak terlena. Dengan laptop, tentu saja kita tidak bisa menggunakannya sambil rebahan atau dibawa kemana-mana.


Wah, ternyata benar juga ya. Cara mengubah kebiasaan buruk ya dengan melakukan hal sebaliknya, yakni dengan membuatnya menjadi nggak menarik dan sama sekali tidak mudah.


Saya juga perlu kembali menata pola pikir saya terhadap gadget, yakni sebagai berikut.


  • Notification is by design

Sekarang saya sudah tau kalau notifikasi muncul karena sudah didesign oleh teknologi. Pola perilaku kita terhadap gadget, semua terekam. Apa saja yang sering ditonton, apa saja yang disukai, barang incaran kita di market place, semua itu akan sering muncul tanpa kita sadari.

Hal yang saya harus lakukan ya dengan unsub apa saja yang tidak diperlukan dan mematikan notifikasi yang mengganggu produktifitas. Percuma saja sudah membuat gadget hour. Kalau hp sering bunyi, pasti bakalan kepo, hii..


  • Technology made to help us, not the other way around.

Menyadari bahwa teknologi itu hanya alat. Jangan biarkan dia lebih canggih dari kita.


  • Illusion in Social Media

Menyadari bahwa semua orang pasti akan menampilkan sisi terbaiknya di sosial media, itu yang kadang buat “rumput tetangga lebih hijau”.


  • Digital Waste

Mengurangi tidakan copy paste.

Mengurangi tindakan reshare.

Menghapus yang tidak perlu.


Comments
0 Comments

0 comments