(DAY 1) - GAME LEVEL 1 - KOMUNIKASI PRODUKTIF

FAMILY FORUM





Assalamualaikum parents ❤❤

Minggu ini bunda Fazza mendapat materi kuliah tentang komunikasi produktif. Alhamdulillah… Rasanya bersyukur sekali mendapat materi ini saat Fazza di usia emasnya (21 bulan). Fase dimana Fazza memasuki usia krusial pembentukan kecerdasan dan pondasi akhlak.

Kesempatan ini akan saya gunakan sebaik-baiknya. Selain pelan-pelan merubah pola komunikasi diri pribadi juga sembari mengajarkan juga kepada Fazza tentang bagaimana seharusnya berkomunikasi. Bagaimana pun anak adalah cerminan orang tua. Jika gaya berkomunikasi orang tua produktif dan efektif maka secara tidak langsung juga memaksakan anak berkomunikasi produktif.

Parents sudah tau semua kan tentang makna komunikasi?
Secara garis besar komunikasi berarti menyampaikan pesan. Menyampaikan berarti ada sesuatu yang ingin kita bagi. Boleh jadi selama ini kita, wabil khusus bundanya Fazza mungkin hanya sekedar bersuara saja. Atau malah hanya berbunyi?.

Setelah membahas tuntas mengenai materi. Tibalah saatnya nge-GAME. Hee.. Saya nggak mau ah, bilang tugas. Mengapa? Pada materi sebelumnya dijelaskan bahwa pemilihan diksi juga memberikan efek yang berbeda terhadap kinerja otak. Insyaallah mulai sekarang belajar berhati-hati dalam memilih kata supaya lebih berenergi dan bermakna.

Game perdana terdiri dari dua poin. Pertama, kita diminta membuat family forum. Saya atur strategi kira-kira kapan waktu yang tepat untuk ngobrol serius dengan suami. Maklum kebanyakan obrolan kami nyampah. Lalu ketemu lah waktu yang tepat itu selepas sarapan. Saat suami sudah fresh, sudah makan dan pastinya tidak sedang memegang gadget.

Saya lalu sharing tentang materi dan game ini. Suami bilang “Teorinya keren banget, tinggal prakteknya ya”. Obrolan selanjutnya tentang siapa yang akan ditampilkan dalan jurnal sehari-hari. Kami memutuskan Fazza karena so far, komunikasi dengan suami berjalan baik terutama masalah kode-kodean. Kapok.

Game kedua ada di postingan selanjutnya ya… Stay tune ❤❤

#hari1
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institutibuprofesional