DAY (4) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Gengs, ada yang masih ingat nggak materi ini?
1, 4, 9, 16, 25, 36, dst.
Suku bilangan selanjutnya apa hayo?
Lalu, masih ingat nggak itu pola bilangan apa?
Rumusnya apa?
Boleh tinggalkan komentar di bawah ya 👇👇

Hee.. Daripada pusing saya ingatkan kembali ya. Itu tadi adalah pola bilangan persegi. Bisa saja sih menghafal urutannya, tetapi lebih praktis kalau hafal rumusnya yaitu N². Jadi nggak perlu payah-payah kalau diminta menyebutkan suku bilangan ke-200 misalnya.

Aduhh... pusing banget nggak sih dulu tiba-tiba belajar itu. Kalau aku sih iya banget. Ibarat langsung naik tangga ke-5 tanpa melalui tangga pertama. Beraaattt....

Saya nggak mau dong, pengalaman pahit itu terulang kembali kepada Fazza. Padahal sebenarnya pola sederhana bisa mulai dikenalkan sejak dini lho. Iya, dari mulai usia 2 tahun pun. Elvina Lim Kusumo di laman http://www.indonesiamontessori.com menyatakan, anak bisa mulai dikenalkan pola dasar dari kegiatan sederhana seperti berdiri - jongkok - berdiri - jongkok.

Ahay, saya pun tertarik untuk mencobanya. 
Berikut catatannya ya.

===

Tema Kegiatan: Mengenal Pola Dasar A, B, A, B
Lokasi: Halaman rumah (outdoor)
Tujuan: Mampu mengenal konsep pola dasar a, b, a, b
Media Belajar: Anggota tubuh

Eksplorasi
Mumpung masih pagi, saya ajak Fazza berkegiatan outdoor setelah jalan-jalan membeli donat kesukaan Fazza. Saya mengajaknya mengenal pola dasar dengan cara berdiri - jongkok - berdiri - jongkok, dst.

Dokumentasi
Dokumentasi video selengkapnya ada di feed instagram berikut ya.
Klik DISINI

Konfirmasi
Setelah beberapa kali percobaan, saya memancing pertanyaan:
"Setelah berdiri apa?"
"Setelah jongkok apa?"

Akan tetapi di percobaan pertama ini, sepertinya Fazza belum ngeh dengan pola. Saya coba dengan permainan lain. Tepuk tangan - tepuk lutut - tepuk tangan - tepuk lutut - dst.

DAY (4) - GAME LEVEL 6 - MENSTIMULASI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS

Sama dengan percobaan sebelumnya, saya beri pertanyaan agar dia melanjutkan. Tetapi dia masih belum juga bisa melanjutkan. Baiklah, besok pagi kita berlatih lagi. Terimakasih sudah bermain bersama bunda 💋💋
Semangaattt 💃💃


Comments
0 Comments

0 comments