DAY (1) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

DAY (1) - GAME LEVEL 8 - MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI
Sumber: Pixabay

MENYIMPAN UANG DI KANTONG


Selamat datang di game level delapaan...
Game yang cukup menantang. Secara temanya tentang Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini. Waw, saya sendiri saja masih berproses untuk mengelola finansial ini. So, kita belajar bersama ya nak. Bertumbuh bersama. Berproses bersama.

Nah, di usia Fazza yang masih 2.5 tahun ini, dia masih belum memahami kalau uang merupakan benda berharga. Uang adalah alat transaksi jual beli, yang mana bila tidak dijaga alias hilang, ia tidak bisa membeli barang untuk kebutuhan sehari-hari.

Beberapa kali saya dapati ia sering menggeletakkan uang dimana saja. Sering pula mengeluarkan isi dompet ayah atau bundanya lalu ditinggalkan begitu saja.

Pelan-pelan kami ajak dialog kalau uang harus disimpan. Bisa di kantong, di dompet atau di tas.

Nah, kemarin ada kejadian lucu. Saya sedang kajian di rumah salah satu kawan. Saya tidak menyadari kalau Fazza sedang membongkar isi dompet. Saya bilang "Nak, disimpan kembali ya... Nanti bisa hilang. Kalau hilang, kita tidak bisa membeli susu." Alhamdulillah, saran saya disambut baik, dia mau memasukkan uang itu kembali ke dompet.

Berselang kira-kira satu jam, saya bersiap untuk pulang. Saat saya cek uang warna biru saya tidak ada di sana. Waduh, itu uang berarti sekali saat di tanggal tua 🙈🙈. Saya cek berkali-kali tidak ada. Saya mulai cemas. Saya juga merasa tidak enak jika harus menanyakan kepada ibu-ibu di sana.

Saya berikhtiar cross check ke Fazza, walau dalam hati kurang yakin, "Fazza, uang warna biru bunda tadi dimana?".

Fazza lalu berdiri lalu merogoh ke saku celananya, "Ini diaa... Azza yang simpan."

Ini bocah auto saya uwel-uwel 


Comments
0 Comments

0 comments