GAME PEKAN 2 BULAN 1 KAMPUNG BAKAT: 'UNBOXING YOUR PEARL'

GAME PEKAN 2 BULAN 1 KAMPUNG BAKAT: 'UNBOXING YOUR PEARL'

Aloha..

Sejujurnya, challenge di pekan kedua ini cukup membuatku bingung. Bukan karena materi, tetapi lebih kepada kurangnya kemampuan diri dalam berkontemplasi menemukan keunikan diri (untuk kesekian kalinya).


Saya “switch” cara lama dengan dibantu musik relaksasi yang direkomendasikan oleh Mbak Analisa di channel youtube-nya untuk mencapai hasil yang lebih baik. Benar saja, saya jadi lebih tenang, jadi lebih jernih melihat diri sendiri baik dengan mata lahir maupun mata batin.


 1. Kuadran “Suka dan Bisa”

Nah, berikut kuadran "suka dan bisa". Saya tulis sesaat setelah berkontemplasi.


aku suka
aku bisa

- Home Education -> based on STPPA
- Urban Farming -> metode konvensional dan tabulampot
- Sewing -> home wear
- Crafting -> flanel dan tas
- Home Organizing -> clutter free home dan minimalist
- Tahsin metode Ummi
- Journalling
aku suka
aku tidak bisa

- Public Speaking
- Blogging
- Writing
- Design Grafis
- Financial Planner
- Personal Care
- Manajemen Waktu
aku tidak suka
aku bisa

- Memasak
- Menyetrika
- Deep Cleaning
- DIY mainan anak
aku tidak suka
aku tidak bisa

- Menulis Fiksi
- Menyetir
- Olahraga selain senam dan lari
- Baking
- Vlogging
- Marketing


2. The Johari Windows

Pada bagian ini, saya minta pendapat dari dua orang, yakni sahabat dan suami. Sahabat saya ini terbilang tahu banyak tentang pribadi saya. Empat tahun bersama dia dalam satu asrama kampus. Dia juga orangnya to the point, ceplas-ceplos bangeet.


Begitu saya kirim via WA, dia gercep sekali mengisi. Saya kirim pesan pukul 08.31 WIB, pukul 08.40 WIB sudah dia balas. Yaiyalah, makan - belanja - ke kampus - ke perpustakaan - ngemall ya sama dia lagi dia lagi.


Sementara sasaran kedua, pak suami jelas tahu tentang saya “luar-dalam”, haa.. Ketika saya minta ceklis malah dia bilang masih kurang spesifik range-nya. Jadi, dia jawab dalam skala intensitas Ya - Kadang - Tidak. Yasudah saya masukkan saja kriteria yang memang dia tulis “Ya”.


Nah, berikut hasil setelah dimasukkan dalam Jendela Johari.


OPEN
Sifat yang diketahui diri sendiri dan orang lain.

- adaptable (mampu beradaptasi)
- modest (sederhana)
- organized (terorganisir)
- idealistic (idealis)
BLIND SPOT
Sifat yang selama ini kita abaikan namun dapat dilihat orang lain.

- loving (penuh kasih)
- observant (taat)
- caring (peduli)
- knowledgeable (berwawasan luas)
- mature (dewasa)
- ingenious (berbakat)
- trustworthy (dapat dipercaya)
- reflective (penuh pertimbangan)
HIDEN
Bagian yag hanya dipahami diri sendiri.

- tense (tegang)
- nervous (gugup)
- dependable (ketergantugan)
UNKNOWN
Sifat yang tak dikenali oleh diri sendiri maupun orang lain.
Comments
0 Comments

0 comments