JURNAL MAIN 2 TAHAP ULAT GUA BELANTARA

 

JURNAL MAIN 2 TAHAP ULAT GUA BELANTARA

Semakin masuk ke dalam gua rasanya semakin menantang. Cahaya mulai meredup, hanya terdengar suara-suara ilmu pengetahuan. Uhh.. jujur rasanya ingin sekali menggerutu, mengingat audio bukan merupakan gaya belajarku. Aku tidak mampu mendengar pembicaraan Kunang-Kunang selama 1 jam 13 menit tanpa wajah, tanpa gesture, tanpa tulisan dan tanpa ilustrasi 🙈🙈 Belum lagi harus mendengar setidaknya tiga podcast dari sesama penjelajah.

Lantas, apakah dengan menggerutu masalah akan selesai? Rasanya tidak. Saya pun memutuskan untuk mendengar secara bertahap, tidak seligus dalam satu waktu. Dengan cara ini, saya cukup bisa menyerap ilmu yang disampaikan meski dalam pengerjaan tugas saya memilih video saja.

POTLUCK-KU

JURNAL MAIN 2 TAHAP ULAT GUA BELANTARA
Potluck-ku

Pada pekan kemarin, saya telah menuliskan potluck-ku berjudul "Pencil Grasp Development". Saya berbicara sekilas tentang tahapan pekembangan anak dalam memegang pensil. Topik yang nampaknya sepele tapi sangat penting dalam mendampingi tumbuh kembang anak usia dini. Selengkapnya ada disini ya..

Selanjutnya, saya diminta menyampaikannya kembali dalam bentuk audio atau video. Kali ini saya memilih format video karena saya perlu sambil mempraktikkan tahapan menggunakan pensil. Harapannya, apa yang saya sampaikan lebih mudah diterima audiens.

Huahh.. Alhamdulillah setelah beberapa kali take, akhirnya jadi juga 😬😬 Kondisi badan sebenarnya sedang tidak fit, jadi musti dipotong-potong untuk menghilangkan suara batuk. Keep watching ya.. Semoga bermanfaat.



MAKANANKU PEKAN INI
Pada pekan ini saya melahap makanan dari Podcast Rumah Inspirasi Episode 76. Sosok dibalik Rumah Inspirasi adalah Bapak Aar dan Ibu Lala.

Nampaknya cukup banyak juga dari teman penjelajah yang melahap dari sumber ilmu ini. Sumber ilmu ini memang tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Bagi yang ingin mengetahui seluk beluk homeschooling dari A sampai Z, Rumah Inspirasi jawabannya. Dari mulai artikel, podcast, youtube, sampai kelas-kelas parenting semua tersedia di Rumah Inspirasi.

JURNAL MAIN 2 TAHAP ULAT GUA BELANTARA
Makananku Pekan 2

Topik:
Esensi Pendidikan Anak Usia Dini

Sumber Ilmu:
Episode 76 Pentingnya Membangun Kenangan Baik Saat Usia Dini.
Podcast Rumah Inspirasi

Mengapa Menarik?
  • Pendidikan anak usia dini bukan berfokus pada penjejalan materi (calistung) semata, tetapi jauh lebih penting membangun kenangan indah bersama anak.
  • Dalam teori Concious Parenting, esensi pendidikan pada anak usia ada dua yakni transforming ourselves dan empowering our children. Dengan demikian, fokus parenting adalah memperbaiki diri kita sebagai orang tua.
  • Hal-hal yang nampak sederhana dan tidak rumit seperti berjalan-jalan bersama anak, tidak memarahi anak di depan umum, bercanda, pada saat usia dini memberi dampak luar biasa saat anak beranjak dewasa.
Mengapa Memilih Sumber Ilmu Ini?
Rumah inspirasi digagas oleh praktisi homeschooling Bapak Aar dan Ibu Lala. Mereka bukan sekedar menyampaikan teori saja, tetapi juga menyampaikan pengalaman dalam mendampingi homeschooling ketiga buah hatinya.

Apakah Saya Merekomendasikan Sumber Ilmu ini?
Yes.. Podcast ini dikemas dalam bentuk obrolan keluarga. Terkesan ringan namun sangat berisi.

POTLUCK YANG AKU DAPATKAN

Yaps.. Tugas kami sebagai ulat hanya makan, makan dan makan. Maka pastinya setiap pekan kami diminta melahap ilmu sebanyak-banyaknya sesuai dengan peta belajar yang telah dibuat. Berikut tiga camilan yang saya ambil dari tiga teman penjelajah.

JURNAL MAIN 2 TAHAP ULAT GUA BELANTARA
Potluck yang aku dapatkan

Podcast Homeschooling Enak Nggak Ya?
Ismiyah Fik

Menurut Mbak Ismi, homeschholing itu asyik dengan menerapkan homeschooling bonding dengan keluarga menjadi lebih erat, muatan pendidikan bisa disesuaikan dengan karakter keluarga dan meluaskan makna pendidikan bahwa belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Keluarga Mbak Ismi sudah memulai homeschooling sejak tahun 2018 lho.. Waw.. keren banget..

Montessori for Babies
Fevi Rizka Melati

Usia 0 hingga 3 tahun menurut Montessori ibarat spons, ia bisa menyerap apa saja baik itu baik maupun buruk. Oleh karena itu tuga kita sebagai orang tua ialah menyiapkan lingkungan yang baik untuk anak. 

Seperti apa menyiapkan lingkungan yang baik bagi bayi?
  • Mengajak bayi berkomunikasi.
  • Menyiapkan mainan yang alami karena ia senang memasukkan mainan ke dalam mulutnya.
  • Mengobservasi respon bayi.

Sekilas Tentang Unschooling
Rika Fitri Andini

Metode unschooling adalah konsep homeschooling yang tidak mengikuti kurikulum tertentu. Mereka bebas bereksplorasi sesuai ide yang dimiliki. Faktanya, anak tidak pernah kehabisan ide. Orang tua tinggal memfasilitasi saja. Kuncinya orang tua harus optimis dengan ilmu yang dimilikinya.


Comments
0 Comments

0 comments