JURNAL MAIN 4 TAHAP ULAT KEBUN APEL

 

JURNAL MAIN 4 TAHAP ULAT KEBUN APEL

Saatnya pesta 🎉🎉. Momen bertemu keluarga, makan bareng, main bareng dan ngobrol bareng. Wah pasti kebayang dong bagaimana serunya 😍😍


Yes.. seru banget. Betah berada disini lama. Banyak hidangan tersedia, dari mulai makanan utama, camilan semua ada. Eits.. meski demikian, saya tetap perlu mematuhi adab saat makan. Oleh karena acara intinya adalah makan-makan, saya perlu terus mengingat pesan Magika untuk mengutamakan melahap makanan utama yang sesuai dengan peta belajar tentunya. Kenapa tidak camilan? Lagi-lagi khawatir kegendutan dan mengakibatkan gerak lambat.


KERANJANG APEL

Nah, sekarang saya sudah mengantongi 4 keranjang apel nih temans.. Penasaran nggak sih apa kandungan didalamnya?? Yuk.. kita unboxing bersama...

JURNAL MAIN 4 TAHAP ULAT KEBUN APEL

JURNAL MAIN 4 TAHAP ULAT KEBUN APEL


Narasumber: Oky Yuwanti
Judul: Membuat Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pemula
Insight:
Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyusun kurikulum adalah sbb:
  • Menentukan visi misi keluarga.
  • Menyesuaikan gaya belajar anak.
  • Menentukan tujuan dan target.
  • Menu belajar atau lessson plan.
  • Jurnal kegiatan.
Narasumber: Erika Ummu Aizah Tsabitah
Judul: Membuat Jurnal dan Portofolio Anak
Insight:
  • Menguatkan strong why membuat jurnal kegiatan anak.
  • Bentuk Jurnal: jurnal kegiatan, jurnal kesehatan dan jurnal keseharian.
  • Media menulis jurnal: buku, gdrive, aplikasi KIP, posting di medsos, dll.
  • Inti jurnalling adalah konsisten dalam menuliskan apa yang dilakukan oleh anak.
Narasumber: Izzati Robbi Hamiyya
Judul: Langkah awal dalam Menerapkan Fitrah Based Education (FBE)
Insight:
4 Langkah dalam menerapkan FBE
  • Sepakati misi keluarga.
  • Membuat portofolio dan framework FBE.
  • Membuat indikator fitrah.
  • Menyesuaikan kegiatan sesuai kesukaan anak.
Narasumber: Suci Lestari
Judul: Mengatasi Parenting Stress
Insight:
Tips mengurangi parenting stress
  • Sharing dengan teman; berkomunitas atau sekedar curhat dengan teman.
  • Meluangkan waktu bersama pasangan.
  • Meluangkan waktu untuk metime.
  • Bersikap bodo amat terhadap vibrasi negatif.


MAKANANKU PEKAN INI

Sebagai ulat merdeka, saya perlu melanjutkan melahap makanan sesuai peta belajar. Di pekan ke-4 ini saya belajar tentang DAP. Wah makanan apa lagi itu? Berikut ulasannya..

JURNAL MAIN 4 TAHAP ULAT KEBUN APEL
Makanan pekan 4

Topik: Child Development

Sumber Ilmu:

Developmentally Appropriate Practice (DAP)

Marjorie J Kostelnik, Anne K Soderman, Alice Phipps Whiren

Mengapa Menarik?

DAP adalah kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Menurut Sue Bredekamp (1987), konsep DAP memiliki dua dimensi yaitu patut menurut usia (age appropriate) dan patut menurut anak (individual appropriate). Sementara Gary Glassenap menambahkan satu lagi dimensi yaitu patut menurut sosial budaya.

Dasar Teori Perkembangan Pada Konsep DAP

  • Teori perkembangan kognitif (Jean Piaget)
  • Teori perkembangan emosi (Erik Erikson)
  • Teori sosio kultural (Vigotsky)
  • Teori perkembangan moral (Kohlberg dan Thomas Lickona)

Mengapa Memilih Sumber Ilmu Ini?

Metode pendidikan apapun seharusnya merespon kebutuhan anak. Seperti; mengajaknya belajar saat kebutuhan fisik terpenuhi, psikologisnya merasa aman. anak belajar melalui bermain, anak diberi ruang atas rasa ingin tahunya yang tinggi, dsb.

Apakah Saya Merekomendasikan Sumber Ilmu ini?

Yes.. Setiap kurikulum hendaknya dibuat berdasarkan kebutuhan dan perkembangan anak.

Comments
0 Comments

0 comments